Sunday, July 14, 2013

Pendakian Merbabu Part 2 : Ngebut!

Pendakian
Trek awal naik-naik sedikit, kaya membelah lembah rerumputan, terus masuk hutan yang lumayan rapat tapi nggak becek. Beberapa pendakian terakhir gue adalah anggota tim yang paling muda, nah kali ini gue yang paling tua – sekaligus yang paling lambat jalannya haha. Kami sampai di Pos 1 (Dok Malang) jam 9:35, istirahat sekitar 10 menit, lanjut jalan lagi. Nggak jauh dari Pos 1, Tebe sama Buluk nunjukkin jalan shortcut yang tembus langsung ke Watu Tulis, jalannya naik turun bukit tapi pemandangannya keren kata mereka.
gerbang pendakian
Pos 1
Sebelum Pos 2, kami sempat istirahat di sebuah pertigaan dengan plang penunjuk ke Pos 2 yang dari situ berjarak 1 km. Buluk jahit tas dulu di situ. Kami cabut lagi jam 10:46. Sampai di Pos 2 (Pandean) sekitar jam 11:15, not bad lah, 1 km menanjak ditempuh setengah jam hehe. Di pos ini kami bertemu dengan satu rombongan yang juga berempat. Mereka naik lebih dulu dari kami, sekitar jam 12 tengah malam tadi. Di situ kami ngobrol-ngobrol dulu, mereka rombongan UPN yang baru turun dari Sindoro dua hari yang lalu dan langsung naik lagi ke Merbabu, ckck.
pertigaan sebelum Pos 2
Pos 2
Kami berangkat dari Pos 2 sekitar setengah jam setelah kami sampai di sana. Perjalanan kami lanjut, lepas dari Pos 2, masih trek hutan rapat. Trek dilanjut ke hutan terbuka, Tebe metik arbei yang pohonnya banyak tumbuh di sana, gue sama Ikhsan nyicip. Trek yang lumayan terbuka ini juga lumayan melelahkan. Gue memandangi trek sewaktu jalur mulai terjal, mirip jalanan dari Padabalong, Pos 3 Rinjani hoho.
sedikit trek menuju Watu Tulis
Kami sampai di Watu Tulis sekitar jam 12:40. Di sana kami masak makan siang untuk bertiga dilanjut shalat. Rombongan UPN tadi datang sewaktu gue selesai shalat. Dari Watu Tulis, hijaunya Merbabu terasa sekali, meskipun kabut masih mendominasi pemandangan di Watu Tulis. Begitu kabut tersapu, dua bukit hijau menampakkan diri, dan tentunya si gagah yang kami lihat dari jalan tengah malam tadi, Merapi memamerkan lekukan punggunannya :)
Merapi :3
hijau hijau hijau
Selesai packing dan membersihkan peralatan bekas makan, kami lanjut perjalanan jam 2:15. Rencana kami hari itu adalah nge-camp di sabana 2 lewat dikit, katanya sih tempat biasa Satu Bumi nge-camp, kemudian lanjut ke puncak besok pagi.
Dari  Watu Tulis jalannya makin mantap, mirip-mirip bukit penyesalannya Rinjani, terus dilanjut ke trek yang menanjak-nanjak parah. Gue sempat jatuh telungkup waktu lagi manjat tanah gegara kehilangan pijakan, ckck, dasar nenek haha. Selesai trek tanah yang luar biasa itu kami sempat istirahat di tempat yang luamyan lapang, Buluk tidur lagi.
Buluk tidur
sempat cerah
Kami sampai di Sabana 1 jam 3:20 setelah menjejak jalan menanjak yang nggak ada bonusnya. Angin dan kabut semakin menjadi di padang yang luas itu. Bukit-bukit tinggi kehijauan ini sekali lagi mengingatkan gue akan Rinjani, bedanya sepanjang sabana 1 Merbabu jalannya lempeng alias datar, sedangkan Rinjani, emm Rinjani emang ada datarnya ya? Cuma pas jembatan doang, hahaha.
Sabana 1
Dari trek sabana 1 yang masih datar kemudian dilanjut ke jalan yang menanjak. Sewaktu lagi menanjak, kami bertemu dengan rombongan mahasiswa kehutanan UGM yang lagi jalan turun. Tebe sama Buluk ngobrol-ngobrol sama mereka yang ternyata sebagian dari mereka kemarin arung jeram bareng Satu Bumi.
jalur menuju sabana 2
Kami melintasi Sabana 2 sekitar jam 4 sore, empat orang rombongan UPN lagi santai di antara kabut di seberang tanda Sabana 2. Kami menyapa-nyapa lagi terus lanjut jalan ke tempat camp. Sekitar 5 menit jalan dari sabana 2, kami sampai di tempat camp yang dimaksud Buluk dan Tebe. Sebetulnya muncak hari itu pun bisa kami lakukan, karena perjalanan ke puncak dari tempat kami camp cuma 1 jam, rombongan UPN itu mau muncak saat itu juga, dari Pos 2 mereka cuma bawa dua daypack. Nah, kami memutuskan nge-camp karena Tebe mau buka puasa pertama – di gunung.
Sabana 2
Kami langsung dirikan tenda dan rapikan barang lalu kami tidur nunggu magrib haha. Jam 6 kami bangun, mulai masak dan shalat Maghrib secara bergantian. Kami masak spageti dengan saus instan hot tuna. Selesai makan, mules-mules semua haha. Selesai makan kami nyantai-nyantai dulu, Buluk hampir tidur lagi sih, tapi jam 9 kami mau shalat tarawih. Gue bilang kelamaan nunggu jam 9, nanti keburu tidur, akhirnya jam 8:45 kami mulai bergerak, atur flysheet buat alas shalat, wudhu terus atur posisi.
Gue nggak pernah membayangkan bakal shalat tarawih pertama di gunung, di ketinggian sekitar 2700 mdpl. Rasanya menakjubkan banget :D Shalat wajib di gunung aja rasanya istimewa banget, apalagi shalat tarawih. Kalau menurut kami sih, naik gunung edisi tafakur alam hehe.
Selesai shalat jam 9:30, kami masak nasi untuk sahur besok pagi. Setengah jam kemudian kami tidur setelah pasang alarm jam 2 pagi untuk masak sahur.

Sahur Pertama di Gunung
Jam 2:15 tanggal 10 Juli, alarm jam tangan Ikhsan dan handphone-nya Tebe bunyi, nggak ada yang langsung bergerak. Gue masih ngantuk banget karena sedari malam cuma bisa tidur sedikit-sedikit. Biasanya kalau dengar alarm gue kan langsung gerak, kali itu nggak kuat lah. Tebe bergerak dari ujung tenda ke pintu tenda buat masak, nggak lama Tebe masak, Buluk bangun, gue lanjut tidur sampai jam setengah empat hehe.
Jam 4 kurang 15 menit kami mulai makan sahur. Menu sahur kami adalah nasi, nugget, telur ceplok, dan supkrim jagung pakai tofu. Meskipun nuggetnya keras, meskipun telur ceploknya nggak welldone, meskipun nasi masih ada yang bersisa beras sedikit, tapi sahur kami Alhamdulillah kece banget haha.
Selesai sahur kami shalat Subuh di antara angin subuh yang membekukan. Rencana awal, setelah shalat kami mau langsung muncak, karena nanti sore gue sama Ikhsan udah harus ngejar kereta ke Lempuyangan. Tapi ya seperti biasa, lagi dan lagi, harus tiduran dulu, janjinya setengah 6 berangkat.
Gue time keeper, tiduran sambil megangin jam tangan dan hampir saja ikut tertidur haha. Setelah tertidur sekira 5 menit, gue terbangun mendadak, refleks lihat jam, 5:32. Gue langsung menggebah-gebah Buluk sama Ikhsan. Buluk langsung nyahut, “Iya yuk berangkat sekarang!”

Summit Attack
Kurang lebih jam 5:40, kami mulai jalan. Kami berangkat muncak hanya bertiga, Tebe menunggu di tenda biar bisa beres-beres. Jadi pas kami balik ke tenda, kami bisa cepat mulai jalan turun. Kabut masih menemani perjalanan awal menuju puncak Merbabu, namun tidak setebal kemarin.
Sekira jam 6 pagi, di kanan kami, semburat jingga muda mulai terlihat, sunrise! Puncak Syarif di belakang kami juga masih jelas terlihat, hijau. Selepas sunrise, kabut kejam mulai turun lagi. Dinginnya nggak santai. Buluk jalan paling depan sambil sarungan yang kayak ninja-ninjaan itu, gue jalan di belakang Buluk pakai sarung tangan, Ikhsan jalan paling belakang konsisten menyembunyikan tangannya di kantung jaket.
sunrise menuju 3142
Gue mulai khawatir kami – terutama gue – jalan terlalu lama, saat itu sudah jam 6:20, seharusnya kami sudah hampir sampai, tapi gue belum lihat tanda-tanda jalan menanjak akan berakhir.
Syukur, 5 menit setelah itu, jalanan mulai berbentuk selokan kecil yang hanya cukup untuk diinjak satu kaki bergantian. Gue lihat ke arah depan, Buluk yang biasanya selalu menunggu kalau jarak dia dan gue terlalu jauh, sudah tidak terlihat. Gue lanjut jalan, menyusuri selokan kecil itu. Di atas, terlihat tanjakan berakhir.
Gue lihat Buluk melambai di atas batu di arah seberang gue muncul. Tanah lapang, beberapa batu berserakan, ada satu penanda seperti penanda pos-pos di bawah. Gue belum yakin itu puncak, gue mendekati penanda itu.
TN Gunung Merbabu – Puncak Triangulasi
my seventh summit
Gue tersenyum, jam 6:30 tepat. Gue menengok ke belakang, kepala Ikhsan muncul, gue teriak, “Poci! Yeay!” Ikhsan mengangguk dengan senyuman kecil di wajahnya.
Alhamdulillah, my seventh summit, Mount Merbabu, 3142 m asl! :D
Ini puncak keduanya Ikhsan sekaligus pertama kalinya ia berdiri di atas ketinggian 3000 mdpl. Kami berdua foto-foto – Buluk tidur lagi. Sayang kabutnya betul-betul nggak mau kompromi, selama 15 menit kami berdiri di puncak, cuma dua kali matahari muncul di balik kabut, itu pun cuma berbetuk bulatan kecil di atas puncak Kenteng Songo.
Poci's second peak
Karena cerah tidak kunjung muncul, gue memutuskan untuk tidak berlama-lama di puncak. Pukul 6:45 kami turun dari puncak ditemani kabut yang masih mengurung kami. Turun dari puncak Merbabu sedikit mengingatkan gue sewaktu turun dari puncak Kerinci. Kerudung dan bulu mata berembun saking parahnya kabut dan dinginnya udara.
puncak kali ini bertepatan dengan ulang tahun
adik gue yang merupakan kakaknya Ikhsan :)
Jam 7:20 gue sampai lagi di tenda, Buluk sudah sampai duluan, Ikhsan di belakang gue, dan Tebe baru bangun. Kami langsung bersih-bersih alat makan bekas sahur, gulung-gulung sleeping bag, dan packing.
Jam setengah 9 kami baru selesai packing, tinggal tenda yang belum masuk ke carrier Buluk. Jam 8:50 kami sudah siap dan rapi, estimasi sampai di basecamp paling telat jam 12 siang. Kami harus sampai di bawah secepat mungkin karena rencananya motor Sentot yang pingsan kemarin mau diganti oli dulu. Pastinya bakal butuh, waktu sedangkan perjalanan Boyolali-Yogya kurang lebih dua jam dan jam 5 sore gue sama Ikhsan harus sudah duduk manis menunggu kereta di Stasiun Lempuyangan.
Setelah berdoa dipimpin Ikhsan lagi, kami mulai jalan, ngebut. Nggak sampai 1 jam kami mendarat di Watu Tulis, yaitu jam 9:40, padahal kemarin Watu Tulis-Sabana 2 saja 2 jam lebih. Sampai di Pos 2 jam 10:00, rombongan UPN masih nyantai-nyantai di dalam tenda mereka. Kami lanjut jalan ngebut sampai di pertigaan Pos 2 jam 10:15, dan sampai di Pos 1 jam 10:37. Jalan udah nggak keruan, lompat sana-sini, lari sana-sini, jatuh sana-sini juga.
Sekira jam 11:10 gue ngeh kami udah masuk ke jalur awal yang nampak seperti membelah lembah rerumputan. Gue yang udah nggak tahan pegelnya kaki, merentangkan tangan ke belakang, mengunci posisi tas biar nggak loncat-loncat, terus lari ngejar Buluk yang jalan paling depan. Ikhsan sama Tebe lumayan di belakang gue.
Gue sampai di basecamp pendakian lagi sekitar jam 11:20. Yes, hanya 2 jam setengah saja dari Sabana 2 sampai basecamp, padahal kalau yang gue baca di blog orang tentang pendakian dia di Merbabu, dia turun dari Puncak Triangulasi sampai basecamp sekitar 6 jam -___-
Buluk langsung keluarin motor dari tempat penitipan di dalam basecamp. Tanpa menunggu apapun dan mengganti pakaian apapun, kami langsung turun ke kota jam 11:40. Lima menit kemudian kami ketemu bengkel pertama, kami minggir dulu buat ganti oli. Anehnya ganti olinya cepat sekali, nggak ada 10 menit udah selesai.

Pulang ke Yogya lalu Jakarta lalu Bogor
Tepat saat adzan Zuhur berkumandang, kami melanjutkan perjalanan ke Yogya. Berhubung pakaian masih kotor dari atas sampai bawah, kami memutuskan shalat di Yogya setelah bersih-bersih. Sepanjang perjalanan, gue fokus ngeliatin satu objek yang ketje luar biasa, Merapi hehehe.
hello Merapi, i'll come to ya later :3
Sebelum pertigaan tempat kami istirahat malam sebelumnya, motor yang ditumpangi Buluk dan Ikhsan sempat jatuh di dekat satu jembatan, gue panik lihat mereka. Ikhsan kakinya tertimpa motor, Buluk juga bahunya luka. Rupanya gegara sewaktu belokan menanjak, ada motor dari arah berlawanan, Buluk mengerem motor, sayangnya ada pasir di jalannya, jadilah motornya oleng dan jatuh.
Kami melanjutkan perjalanan yang diwarnai dengan motor yang ditumpangi Tebe dan gue mati nggak bisa nyala sepanjang kurang lebih 1 km (untung jalannya menurun, jadi tinggal gelosor), hujan besar yang mendadak turun, dan melewati jembatan sempit dan mengerikan pas banget angin sedang bertiup-tiup. Seru dan ngeri haha. Jam 1 siang Tebe dan gue sudah masuk DIY lagi, Buluk dan Ikhsan sudah di depan. Ternyata di Yogya kering kerontang belum hujan, sedangkan kami basah kuyup.
Kami sampai di sekret jam 2 siang dengan celana dan baju yang bahkan sudah setengah kering. Gue langsung beberes dan packing sambil nunggu Ikhsan mandi dan shalat terus kami gantian mandi. Selesai mandi masih sempat selonjoran dulu di sekret.
Jam 5 kurang kami diantar Buluk dan Eko ke Stasiun Lempuyangan. Nggak lama kami sampai stasiun, sebuah rangkaian kereta datang. Pengumuman di speaker stasiun nggak jelas menginfokan apa; nanya ke petugas jawabannya nggak nyambung, ditanya GBM kapan datang malah jawab di jalur 1. Kami berdua duduk di bangku stasiun. Gue takut kereta yang berdiam di depan kami ini ternyata adalah kereta kami, gue coba cari petugas lain terus nanya. Dan ternyata memang itu kereta kami -___-
Lari-lari gue balik ke tempat Ikhsan nunggu terus langsung naik ke gerbong terdekat. Begitu kami naik, dua detik kemudian kereta bergerak, fiuh. Kami segera bergerak menuju gerbong kami. Nggak lama kereta berangkat dari Lempuyangan, adzan magrib berkumandang, kami buka puasa pertama di kereta hehe.
Selama di kereta kami kebanyakan tidur, Ikhsan sih yang lebih banyak tidur. Kaki gue sampai kesemutan berkali-kali dijadikan alas tidur Ikhsan. Lewat dari Stasiun Prupuk, Tegal, hujan turun deras dan lama bersambung sampai entah di mana. Kereta kami melaju cepat sekali, malah kalau menurut gue agak ugal-ugalan -___- terasa sekali guncangannya. Sewaktu pulang dari Semeru gue naik kereta ini dan duduk di posisi yang mirip dengan ini pula, yaitu dekat perbatasan antargerbong, tapi gue masih bisa tidur pulas.
Kami sampai di Stasiun Jakarta Kota on time sekali, sekitar 2:15 pagi. Commuter Line menuju Bogor baru ada jam 5:57, artinya kami harus menunggu kurang lebih 4 jam untuk bisa pulang ke Bogor. Kami sahur popmi yang dibeli di stasiun dan susu ultra yang dibeli di Yogya.
Selesai shalat subuh, kami keluar lalu beli tiket Commuter Line ke Bogor seharga Rp5 000. Di dalam kereta Jakarta-Bogor kami tidur lagi. Setelah berganti angkot dua kali, kami tiba di rumah, dan pendakian ngebut kami pun selesai :)

Terima kasih buat Allah SWT yang mengizinkan kami berangkat, memberikan perlindungan kepada kami, dan memberikan pengalaman yang berbeda, serta pelajaran mengenai diri sendiri.
Terima kasih buat Bapak sama Mamah yang mengizinkan gue bawa kabur anak bontotnya ke Yogya terus dibawa mendaki ke Merbabu.
Terima kasih buat travel mate gue kali ini, sekaligus adik gue yang paling apabanget sedunia, Poci. Maaf gue sering marah-marah, abis lu bergantung sama gue mulu sih haha. Semoga hadiah masuk Smanli dari gue ini menyenangkan hahaha, semoga banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa lu ambil dari perjalanan kita kemarin ya. Maciw Pociw!
Terima kasih banyaaaaaaak sekali juga buat Farhan yang sudah menjemput, memandu, dan mengantar kami ke mana-mana, padahal pas jemput kami di Lempuyangan belom tidur malemnya haha. Terima kasih banyaaaaak juga buat Tebe yang sudah mengantarkan dan memandu kami selama pendakian, dan memboncengi gue ke dan dari Selo. Terima kasih untuk shalat tarawih nya, untuk sahurnya, untuk cerita-ceritanya. Terima kasih banyak bangetbangetbanget buat kalian berdua!
Terima kasih juga buat para anggota Satu Bumi yang menerima kami di sekretnya, meminjamkan barang-barangnya, meminjamkan motor-motornya. Sukses selalu kalian :D

@nunnurul. Powered by Blogger.