Monday, April 25, 2011

Sekedar Persepsi

Memulai sesuatu memang berat. Seperti halnya naik gunung, awalnya terasa capai dan berat sekali, napas terengah-engah, beban di punggung yang sekalipun ringan terasa amat memberatkan. Namun begitu sudah cukup jauh berjalan, tubuh kita akan mulai terbiasa dan tidak terasa terlalu berat lagi, malahan terasa serunya. Meskipun begitu, perjalanan juga tergantung pada tanggung jawab apa yang dipikul selama perjalanan. Kalau hanya sekedar passenger dan tinggal mengikuti leader, beban tanggung jawab pun hanya atas diri sendiri. Menjaga keselamatan (safety), menjaga konsentrasi, dan mengetahui kondisi fisik kita apakah masih sanggup berjalan atau perlu berhenti sejenak. Namun lain halnya seorang leader, penunjuk jalan, guide. Tanggung jawab atas diri sendiri sudah pasti. Menjadi leader, tanggung jawab pun bertambah yaitu tanggung jawab atas rombongan yang dipimpin, apakah jalannya benar, apakah jalannya aman, bagaimana kondisi fisik orang-orang di rombongan, mengontrol dan memastikan anggota rombongan lengkap dan sebagainya. Di akhir perjalanan akan terasa lega sekali saat harapan kita agar proses leading itu berjalan lancar dan rombongan kita turun gunung bersama kita dengan selamat dan sehat.
Sama lah kurang lebih hidup juga. Memulai sesuatu yang baik memang sulit, apalagi kalau kita punya tanggung jawab besar dalam hal tersebut. Akan terasa lebih berat saat kita memiliki beban lebih, meskipun kita bekerja tidak sendiri. Namun amanah yang kita miliki menjadi sesuatu yang ‘lebih’ untuk kita, ya bisa dibilang lebih berat, lebih mendewasakan, memberikan kita pengalaman yang lebih. Di akhir pula kita akan merasakan kelegaan yang luar biasa saat apa yang menjadi tanggung jawab kita dapat kita selesaikan dengan baik.
Yah itu sedikit hal yang saya dapatkan dari, apa ya istilahnya, menunjukkan jalur mungkin ya, waktu saya trekking ke air terakhir hari Sabtu kemarin. Mungkin penyampaiannya masih kurang baik, maklum hanya coretan kasar saja.

0 comments:

@nunnurul. Powered by Blogger.