Saturday, October 20, 2012

Cerita KKP Desa Danaraja Part 3

Di minggu keenam, kami menyelesaikan sisa program kami, program terakhir yaitu plang. Melaksanakan program plang ini sejujurnya bikin gue berpikiran untuk kerja nyambi jadi tukang cat hahaha nggak deng. Dari hari Senin sampe Rabu kami full ngerjain plang ini, sebenernya semacam kejar setoran karena kami punya rencana ke Dieng hari Sabtu-Minggu-Senin-nya. Kami mulai dari ngangkutin kayu-kayu ke rumah Mbah, motongin kayu, digergaji sih tepatnya. Terus kami cat tiang-tiangnya. Memang nggak ahli kali ya, catnya nemplok dimana-mana, sampe kena kaos yang gue pake, catnya ngalir di tangan gue, kena celana, ah ceremotan lah kalo kata orang Sunda mah.
Tiga dari 16 hasil karya kami
Hari Selasa pagi kami ke SD untuk pasang plang nama tanaman. Wih anak-anak SD-nya excited banget, buntutin kami setiap kami pasang plang di sekolahnya. Beres pasang plang, kami pulang ke rumah terus lanjut, nulisin tiang plang gang sama jalan. Oh iya, sebelumnya kami juga udah survei gang-gang sama jalan-jalan yang mau dikasih plang. Pertama dicatet sama Anjar, terus beberapa hari sebelum kami memfiksasi gang-gang dan jalan yang mau dikasih nama, gue sama Yaomi ngecek ulang. Pusing juga itu nentuin gang-gang sama jalannya. Kami juga nanya ke setiap ketua RT atau RW gang mana aja yang mau dinamain, atau mungkin ada gang yang udah punya nama. Ngecat plang gang sama jalan ini bikin badan kami bau bensin. Eh kok begitu? Iya, soalnya hasil ‘ngecat’ di tangan dan kaki lumayan banyak terus kami apus pake bensin hahaha.
Pemasangan plang nama tanaman
Hari Rabu plang hasil karya kami udah selesai dan hari itu bertepatan sama hari pertama di bulan Agustus. Dari jam 10 pagi kami mulai pasang plang di Dukuh Karang Mangu sama Dukuh Danaraja, bagi-bagi tugas, kebetulan hari itu juga ada posyandu. Di Karang Mangu, kami dibantu sama Pak Darto, di Danaraja kami dibantu Pak Sahuri. Bapak-bapak ini merupakan salah dua perangkat Desa Danaraja. Jam 12 siang kami beres sama dua Dukuh. Pemasangannya dilanjut sore, siangnya kami tidur kecapean haha. Lanjutan pemasangan kami bagi tugas lagi, kelima perempuan masang di Dukuh Randu, dibantu Pak Sahuri, sedangkan kedua lelaki masang di Dukuh Langgir. Kami beres masang sekitar setengah jam sebelum buka puasa.
Pemasangan plang gang
Malam setelah kami kerja keras, kami rapat evaluasi semua program, ngomongin soal balita yang punya masalah pertumbuhan dan perkembangan itu dan juga soal rencana jalan-jalan kami ke Dieng. Secara keseluruhan program kami udah beres! Yeay! Tapi ternyata hari Sabtu kami nggak bisa berangkat karena kami harus nemenin si balita ke rumah sakit buat diperiksa lebih lanjut.
Singkat cerita, kami mengubur dalam-dalam rencana ke Dieng dan mengubah rencana jalan-jalan jadi ke Pekalongan hari Minggu nanti. Selain itu, acara rutin Geng Margasari minggu ini pindah ke hari Kamis. Yak, gilirannya Desa Danaraja jadi tuan rumah. Paginya gue, Erni, sama Lansa belanja ke Pasar Margasari. Kami masak opor ayam, chef-nya Yaomi hahaha. Buka bersama terakhir di Tegal itu kami akhiri dengan shalat Tarawih di rumah Mbah, tapi cuma sama temen-temen Jatilaba aja, temen-temen Margaayu udah pada pulang duluan.
Buka puasa bersama di Danaraja
Ini di angkot waktu kami pulang dari pasar,
biasanya lebih penuh lagi :D
Hari Sabtunya kami anter balitanya ke tempat praktik dokter anak di Kota Tegal. Pulangnya kami jalan-jalan dulu berenam minus Anjar soalnya dia mau ke Desa Jatilaba deh kalo nggak salah. Kami mampir ke Jalan Veteran buat beli oleh-oleh, yup, kami udah mau pulang! Terus sempet nengok juga ke Klenteng yang ada di situ.
Jalan Veteran
Klenteng
Besoknya, hari Minggu, kami berangkat ke Pekalongan, yaah lumayan lah mampir ke kota lain gitu. Temen gue yang KKP di Tegal juga malah ada yang jalan-jalan sampe ke Jogjakarta segala. Dari Kota Tegal, tepatnya Pacific Mall, cuma sekitar satu jam, lewatin Pantura. Kami sampe Pekalongan, tepatnya di Pasar Grosir Batik Setono jam 11 kurang. Masuk ke lokasinya, rombongan kami kebagi tiga. Gue bertiga sama Anjar dan Derry, Nadia sama Lansa, Yaomi sama Erni. Intinya di sini tuh gue nemenin para lelaki belanja deh. Anjar beli tas, beli ini beli itu, Derry telepon orang rumahnya, pada nitip ini itu juga. Gue cuma beli satu baju buat sepupu gue sama satu baju buat gue *padahal sebenernya udah beli banyak buat gue sendiri mah haha* ya sama nambah-nambahin daster lah, siapa aja yang mau pake terserah haha.
Pasar Grosir Batik Setono
Kami cabut dari Pekalongan jam 3an, nunggu bisnya lumayan lama. Sampe di Tegal lagi jam 5an, perjalanan pulang lebih lama soalnya sempet ngetem dulu bisnya. Di jalan sempet ada kaya pesulap jalanan yang nyari duit di bis yang kami tumpangi. Nadia sempet jadi korban sulapnya, ceritanya sih dia nyembunyiin kartu terus ada di tas Nadia gitu, padahal kata Nadia nggak ada apa-apa haha. Kami numpang shalat Zuhur jama’ Ashar di Mall. Terus keluar mall, pada pengen buka puasa di luar, kami ke restoran Padang di deket Pacific Mall. Emm udah lama nggak makan Nasi Padang haha.
Lagi nunggu pesenan martabak buat Mbah
Kami pulang naik bis tuyul lagi. Keneknya lucu banget, pas kami lagi nunggu bis di depan Mall, dia nyamperin kami, nanya, “Mau ke mana?” Gayanya kayak pelawak gitu, kepalanya ngangguk-ngangguk, kalo kata Yaomi sama Nadia mah mirip tokoh film Korea yang namanya Gery, apalah gue kaga tahu-menahu soal film Korea haha. Kami sampe rumah Mbah lagi sekitar jam 8 malem, minta dijemput sama Pak Giman karena di desa ini dari jam 2 siang emang udah nggak ada angkot lagi. Pulang dari Pekalongan, udah beli oleh-oleh makanan, beli oleh-oleh baju, kami udah mulai packing
Gue belum bisa packing kalo barang belum siap semua, soalnya gue bawa carrier, Anjar sama Derry juga bawa ransel gede-gede, cewe-cewe sisanya pada bawa koper semua. koper paling gede punya Lansa haha. Kalo kami bilang sih, Erni bawa butik dan Lansa bawa toko kelontong di koper mereka masing-masing hahaha. Gue nyiapin buat barang yang mau gue kirim ke Bogor, soalnya kalo semua gue bawa masuk di carrier jelas nggak akan muat dan gue nggak mau bawa-bawa tentengan apalagi bawa-bawa kardus, macam orang kampung lagi mudik aja haha.
•••
Minggu terakhir di Desa! Liat timeline twitter, temen-temen gue pada sedih mau ninggalin desanya. Gue sih yah ngerasa kalo gue bakal kangen desa ini dan sedih juga mau pisah sama temen-temen gue. Program kami udah beres semua, tinggal pamitan sama pemerintah desa dan warga desa. Hari Senin kami diundang buka puasa bareng di rumah ibu kader yang waktu itu ngajakin kami ke Guci dan juga yang motornya sering kami pinjem. Sekalian pamitan dan ngambil pesenan kripik gadung buat oleh-oleh.
Hari Selasanya kami mengadakan pamitan sekaligus penyampaian hasil pelaksanaan program kami di desa itu. Pamitannya ini malem-malem, yaa biar ceritanya nggak kaya pelatihan pestisida lagi. Alhamdulillah sebagian besar ketua RT dan ketua RW pada dateng, perangkat desa juga lengkap, ditambah para ketua Poktan. Kami juga ngasih kenang-kenangan, yaitu modul pertanian, jam dinding, sama boneka IPB.
Pamitan di balai desa
Tak disangka dan tak diduga, Pak Kades ngajakin kami main ke Taman Wisata Air Panas Guci! Kaget semua, soalnya selama ini Bapak Kades agak cuek sama kami hahaha. Padahal kami juga sebenernya udah punya rencana hari Rabu kami mau ke Jalan Veteran lagi buat beli pia untuk oleh-oleh. Soalnya kalo kami beli pas hari Sabtu itu, begitu nyampe Bogor basilah pianya. Ditambah lagi, kami juga udah nyusun jadwal pamitan ke warga desa yang kami kunjungi waktu kami awal datang ke desa dulu. Akhirnya ganti rencana buat besok. Gue sama Derry beli pia ke Kota, semua nitip ke gue, sisanya pamitan.
Kami ngejar ke Kota dan ngejar pamitan beres sebelum jam 2 siang karena kami rencananya mau berangkat jam 2 siang. Udah beres tuh, jam 1 kami semua udah selesai dengan tugas masing-masing terus siap-siap sambil istirahat. Tapi kemudian terjadilah kejadian yang bikin rencana berubah lagi, dan akhirnya gue sama Derry nggak ikut ke Guci. Gue cuma bisa liat foto Slamet yang ganteng banget dari kamera gue :(
Mau ke puncaknya nanti :3
Besoknya, tepatnya Kamis 9 Agustus 2012 adalah hari kepulangan kami. Gue seneng, udah rindu sama Bogor haha. Sebelum pulang, kami menghadiri Lokakarya kedua, bareng sama temen-temen KKP se-Kabupaten Tegal. Nanti dari situ kami langsung pulang, cewe-cewe ikut bis rombongan Tegal yang pulang ke Bogor, Anjar langsung pulang ke Banjarnegara, Derry mau naik kereta besoknya. Kumpul di Kantor Bapeda Kabupaten Tegal jam 9 pagi. Jadi dari desa harus sepagi mungkin.
Kotak di timeline sudah dicoret semua :D
Malem sebelumnya gue udah bilang gue mau mandi sebelum sahur, biar ntar nggak ngantri dan nggak rempong. Anjar senyam-senyum nggak percaya gitu hahaha. Sebelum tidur gue pasang alarm jam setengah 4 pagi. Dan yak paginya gue bangun jam setengah 4 terus langsung mandi. Pas kami sahur, gue seger sendiri. Yaomi bilang “Si Nunu beneran siah mau mandi pagi, gue kebangun jam 4 kurang denger suara air haha.” Padahal menurut gue mereka juga pasti pernah mandi jam segitu waktu jadi panitia ospek :p
Byebye Bed :)
Pagi-pagi waktu kami finishing packing, Putri nyamperin kami ke rumah belakang karena dia mau berangkat sekolah, jadi ntar nggak bisa melepas kami. Dia salim sama Mbak-mbaknya satu-satu, semuanya bilang ‘Belajar yang rajin, belajar yang pinter’ dan sejenisnya. Dan gue sedih haha. Begitu semua beres mandi dan barang-barang juga beres, kami ke rumah depan. Gue, yang cuma bawa satu carrier dan si tas stoberi unyu, cukup sekali angkut ke depan, selesai hahaha. Paket gue udah dikirim waktu hari Senin dan hari Rabu udah sampe rumah karena gue pake yang kilat. Jadi gue bantuin ngangkut koper dan bawaan-bawaannya Erni, Yaomi, Lansa, ama Nadia.
Barang bawaan kami, ini cuma setengahnya hahaha
Foto sebelum pulang
Kami berangkat dari desa jam setengah 8 pagi, nyewa angkotnya Pak Giman untuk terakhir kalinya. Mampir dulu ke Kantor Kecamatan buat pamitan sama orang kecamatan sekaligus ketemuan sama temen-temen Jatilaba dan Margaayu. Kami berangkat bareng – walaupun dengan kendaraan masing-masing – ke Kantor Bapeda di Slawi.

Pamitan sama Pak Camat,
itu Firman, koordinator Kecamatan Margasari
Sampe di Kantor Bapeda udah rame, bis yang kami sewa juga udah nangkring di situ. Sekitar jam 10, Lokakaryanya baru mulai soalnya temen-temen yang jauh, yang dari Kecamatan Bumijawa sama Bojong, baru pada dateng. Beres Lokakarya jam setengah 1an. Kami semua keluar dari Kantor Bapeda. Di depan pintu kantor, kami bertujuh ngumpul bikin lingkaran, uuuu sediih mau pisah sama mereka :( hahaha. Di situ kami menyampaikan kata-kata terakhir sebelum berpisah, terutama Anjar yang lebih banyak menyampaikan. Kata Anjar, dia bangga sama kami *uuu sedih lagi haha* dan makasih buat kerja sama selama 7 minggu. Ujungnya, Anjar ngingetin para cewe soal aurat hahaha. Siaplah bapake  hahaha.
Jam 2 kami berangkat dari Kantor Bapeda. Menuju Bogor, menuju rumah masing-masing, menuju kosan masing-masing, menuju para penjemput. Dan 45 hari yang menyenangkan di Desa Danaraja itupun selesai dengan bahagia :)
Mungkin cerita KKP temen-temen gue yang di desa atau propinsi lain lebih seru, tapi buat gue, apa yang gue alami di sini cukup memberikan banyak pelajaran buat gue. Semua orang pasti punya cerita dan kenangan yang menyenangkan, di manapun mereka ditempatkan sewaktu KKP. Gue termasuk orang yang punya cerita dan kenangan itu :)
Makasih Anjar, Yaomi, Lansa, Nadia, Erni, Derry. Tanpa kalian Desa Danaraja pasti bakal suram banget. Kapan-kapan kita main ke sana ya, ngunjungin Mbah :D

0 comments:

@nunnurul. Powered by Blogger.