Tuesday, September 14, 2010

Pasmalima

Sebenernya ngga menyengajakan mempublish tulisan ini pas pada hari ulang tahun yang ke-24 nya, tapi ya baru sempet aja hehe. Hmm, bingung mau nulis apa dulu, saking banyaknya yang pengen gua tulis. Mungkin gua cerita sedikit dari awal aja ya.
Jadi waktu gua masuk SMA Negeri 5 Bogor, gua tau ada ekskul penggiat alamnya. Langsung dalam sekejap gua yakin bakal milih tu ekskul. Singkat cerita, akhir tahun 2006 gua dilantik dan menjadi anggota resmi PASMALIMA, that’s the name, short of Penggiat Alam SMA 5 (walaupun akhir-akhir ini sering dipelesetkan jadi PASukan MAlam *tidak bermaksud alay* haha)
Pelantikan, hhm, banyak sekali yang gua dapatkan dari situ, bener-bener membuka pandangan gua, gua jadi lebih ngenal diri gua sendiri, kekurangan gua, kelebihan gua, pas banget buat anak seumur gua (15 taun pas itu) yang lagi mencari jati diri, yang pengen tau tentang dirinya sendiri. Dan gua juga punya saudara baru 8 orang lainnya angkatan gua, angkatan XXII.
Lulus dilantik jadi pengurus, gua diangkat jadi bendahara I. Jujur gua ngerasain banyak hal kurang enak selama periode pertama gua jadi pengurus, banyak tekanan dari mana-mana. Tapi selalu ada teman-teman yang nemenin gua, yang juga ngerasain hal yang sama dengan gua, sharing, curhat, dan bla bla bla. Saking stres nya gua dan beberapa temen gua termasuk temen gua yang satu angkatan di atas gua, pernah ngerasa nyesel masuk pasma, huhu. Terus juga di kepengurusan yang pertama ini gua kurang dapet feel-nya jadi bagian dari pengurus organisasi itu sendiri.
Tapi semua hal punya dua sisi, ada yang kurang mengenakan dan ada yang bikin bahagia sekali. Mimpi gua dari kelas 3 SMP dan rasa penasaran gua dari waktu gua masih di SD gua dapatkan bersama teman-teman gua yang luar biasa ini. They took me to the place that I really want to be. Pertama kali naik gunung, yah if we may call it so, ke Kawah Ratu waktu gua masih jadi calon anggota. Kedua ya itu the amazing pelantikan. Yang ketiga gua dan 8 orang temen gua funcamp ke daerah Lapangan Gas, deket Kawah Ratu, ngisi liburan dua hari. Dan keempat akhirnya gua mencapai puncak pertama sekaligus menuntaskan penasaran gua yang dari SD itu karena ngeliat foto Bapak gua di Gunung Gede. Dan kelima, seperti yang pernah gua ceritakan, the peak of my dream, Gunung Salak. Dari semua pengalaman naik gunung gua pada masa itu gua dapet banyak pelajaran yang berpengaruh sama kehidupan gua sehari-hari. Dari mulai perbaikan sifat sampe belajar masak haha.
Tahun kedua gua jadi pengurus, gua diamanahkan jadi Ketua I  naik pangkat haha. Tapi tantangannya lebih berat, karena pertama gua adalah salah satu inti dari organisasi, kedua pengurus di periode ini dikit banget, cuma ada 9 orang dan yang aktif cuma 5 orang termasuk gua. Bener-bener jatuh bangun kelima orang itu, disini gua ngerasain banget yang namanya ngurusin oraganisasi, lebih dapet daripada waktu periode pertama. Dan keempat temen gua itu sekarang selalu gua panggil “My Teletabis Gunung” : Edward Santoso Muchlis sang Ketua Umum, Resty Gustianingsih sang Ketua II, Ratu Indah Amanah, dan Nabila Nurjanida.
Selain sahabat-sahabat, gua juga ketemu senior-senior yang luar biasa. Mereka emang kadang suka secara ga sengaja (atau sengaja gua ga tau hehe) memberikan stress ke para pengurus, tapi di luar itu, mereka inspiring people. Dari yang kelas 2 SMA udah nyampe ke Rinjani, terus mereka yang selalu siap bantuin para pengurus kalo ada acara-acara atau sekedar latihan rutin, mereka yang punya kata-kata yang bisa bikin kita lebih open minded, mereka yang suka berbagi cerita-cerita petualangan mereka yang bikin kepengen banget, dan masih banyak lagi dah. Senior pasma itu berbeda dengan senior manapun, I feel it now that I have a new environment and meet different people.
Kadang juga ngeliat anak pasma tuh geli-geli gimana gitu. Ya dari pasma juga gua tau hal-hal yang kurang patut, haha. Kebiasaan-kebiasaan, keisengan-keisengan anak muda yang agak lebih ga normal dibanding dengan yang gua temui di tempat lain. Pas pertama gua nemuin gua ga abis piker, how could possibly they did that, tapi lama-lama gua mikir, kalo ga gitu bukan pasma namanya. Hampir semua anak pasma jago banget ngecengin orang, dari senior sampe anggota baru, semuanya kena ledekan. Dan banyak dari teman-teman gua yang lebih tua dari gua, pintar sekali bikin orang ketawa, dari yang emang jago ngocol ampe yang emang begitu-dari-sananya.
Oiya, sebagai ekskul penggiat alam di jaman modern ini, sangat terasa, pasma kekurangan anggota, kalo kata salah satu temen gua mah mereka emang kurang tertarik. Tapi emang susah banget narikin calon anggota yang bener-bener loyal, sampe waktu latihan pernah calon anggota sama sekali ga ada yang dateng, atau paling satu orang yang dateng, nyeri hate pisan eta mah. Tapi berlanjut setelah calon anggota itu dilantik, banyak juga yang kena seleksi alam, ya mulai ilang-ilangan gitu, kaya waktu kepengurusan gua yang kedua. Tapi kualitas orang-orang yang loyal juga mungkin bisa jauh lebih baik dari orang-orang yang ilang-ilangan itu, so it’s covered up. Dan satu lagi dari pasma, biro jodoh bangeeeeet. Gua ga mau komen banyak lah soal yang ini, udah biasa kan ya? *ngeles* Pokonya dari yang sampe nikah sampe yang jadian dua kali sama sesama pasma, komplit.
Pokonya sama pasma gua dapet banyak hal yang ga bisa gua dapetin dari sembarang ekskul atau apapun. Susah ngejelasinnya, pokonya sama pasma banyak banget ilmu, perngalaman, kenangan, teman, sahabat, cinta, mimpi, ketawa, emosi, dan banyak lagi deh, yang gua dapatkan. Dan pasma bikin masa SMA gua masa yang bener-bener subhanallah banget. Malah Mbil (Nabila) saking cintanya sama pasma dan SMA 5, tiap hari dia hampir selalu pulang malem, karena buat dia smanli is her second home haha.
Sekarang gua udah menyandang status alumni. Tapi seperti yang gua liat waktu gua masih jadi pengurus, alumni-alumni yang udah cinta dan kecantol sama pasma, pasti bakal tetep mencurahkan dan menyempatkan waktunya buat pasma. Hampir semua sahabat baik gua, gua dapetin dari pasma. Penyesalan apapun yang pernah gua rasain dulu ga ada apa-apanya dibanding dengan berbagai macam hal yang gua dapet dari pasma. Dan gua tau, gua, teletabis gua dan semua sahabat gua di pasma, ga pernah salah ngambil keputusan buat masuk pasma.
Mungkin belum semua yang pengen gua ceritain udah gua ketik. Too many things to tell kalo tentang pasma tuh. Yang jelas pasma changes me.
love #pasma5 . Happy 24th Bithday. Semoga makin GAYAA :D

5 comments:

Uci said...

SAMA BANGET APA YANG GUA RASAIN HAHAHAHAHA I LOVE PASMA 5 LOVE LOVE LIKE THIS ABIS. Bikin note fb nu, biar bnyk yg bsa liat.. Pasti bnyk yg ngelike :-*

Dityas said...

seneng bacanya cerita pasma :D hahaha kewren pasm5 gaya hahha

nunn said...

hehehe oke ntar gua publish di fb deh, tapi ntar malyu sama yg lebih senior hehe.

didit : ini kan cerita gua dit, hbu? haha

Uci said...

hahahaha gapapalah begitu adanya toh? notenya nunu pasma bangeeeeet... puncak pertama kta sama nun! :D
sakit hati pasti tapi kalo diitung2 ama seneng2 n plajaran yg didapet walaaaah kalah rasa capek ngurus pasmanya hahaha :p

nunn said...

iyaa betuul! segala peluh keluh kesah kalah sama kebahagiaan yg kita dapetin :D
eh yg ini ga usah dipublish ya? kan udah ada yang beni hehehe

@nunnurul. Powered by Blogger.