Saturday, December 08, 2012

Skripsi ≈ Naik Gunung

Oke oke postingan ini adalah salah satu efek dari ‘menjabat’ sebagai mahasiswa tingkat akhir yang sedang gue alami (malah sebenernya belum benar-benar gue alami). Kalo gue pikir menghasilkan sebuah mahakarya bernama skripsi itu banyak kemiripannya sama naik gunung. Kenapa?
Kemiripan yang pertama jelas sama-sama bikin capek dan bikin stres. Yah, ini sih yang gue rasain ya, naik gunung itu kadang emang bikin stres. Apalagi kalo trek/jalannya udah amit-amit nyusahinnya, bikin mental nge-drop banget. Nah kalo skripsi, yang udah ngalamin pasti tau banget lah ya, kalo gue sih jujur belum terlalu banyak mengalami, karena gue masih berada di starting point penyusunan skripsi. Stres gara-gara ngga tau masalahnya apa, stres gara-gara belum tau teorinya secara matang, stres gara-gara respondennya kabur, stres gara-gara file-file di laptop pada ilang, ngga berani ketemu dosen pembimbing, sampe liat mobilnya sang dosen aja sesak napas gitu katanya mah. Bikin capek juga iya, naik gunung mah udah jelas pasti capek, sesedikit apapun pastilah ada rasa capek. Kalo skripsi ya capeknya mungkin karena harus susah payah nyusun pendahuluan, merumuskan masalah, turun lapang nyari data, mengolah dan membahas data, dan segenap prosesi lainnya. Segini gue masih berada di titik awal banget dari yang namanya skripsi, tapi udah ada sedikit bayangan perjuangan yang bakal gue tempuh, dan kebayang itu bakal bikin energi terkuras banget pasti.
Berikutnya, durasi. Kalo naik gunung, semakin lambat lu jalan ditambah lagi kalo terlalu banyak istirahat pula, ya semakin lama lu harus berjalan, semakin lama lu akan mencapai tujuan lu, dan semakin lama lu harus nanggung beban di punggung lu. Semakin berlama-lama mengerjakan skripsi, semakin lama juga waktu yang bakal kita habiskan buat skripsi itu, semakin lama lu harus kepikiran tentang skripsi *dan gue rasa ini beban banget*, semakin lama stres yang bakal lu rasain, dan yang jelas, makin lama lulusnya ehehe.
Naik gunung dan skripsi juga sama-sama butuh motivasi, terutama dari diri sendiri. Kalo lu capek jalan, temen lu pasti ngasih semangat kan ‘ayo dikit lagi’ ‘itu di depan kita istirahat dulu ko’. Tujuannya ya biar kita nggak nyerah. Tapi kalo temen lu udah ngasih semangat seheboh apapun, sedangkan lu nya sendiri udah pengen give up aja, udah nggak mau lanjut, kadang temen lu ngerasa nggak bisa maksa lu. Mereka pikir mungkin emang sebaiknya lu berenti daripada terjadi suatu hal yang tidak dinginkan. Jadi motivasi dari diri sendiri itu penting banget, tapi dukungan moril dari temen lu juga nggak bisa disepelekan begitu aja. Waktu gue ke Semeru kemarin, gue ngerasa stres kapan nyampe puncaknya dan gue ngerasa butuh motivasi dari orang lain, dalam hal ini tentunya temen satu rombongan gue, tapi pada saat itu gue lagi jalan sendirian. Terpaksa gue nyemangatin-nyemangatin diri sendiri yang sebenernya udah nggak terlalu ngefek, tapi yang penting gue masih bisa lanjut jalan. Ya, harus ada dan pasti ada kekuatan dalam diri lu yang bisa men-drive diri lu untuk terus berjuang.
Satu hal terakhir, seperti yang gue kutip dari blog ini,
“Seorang pendaki sejatinya tidak sedang menaklukan pucuk-pucuk tertinggi yang menusuk ke langit, melainkan ia sedang menaklukan pucuk-pucuk tertinggi dirinya sendiri sebagai manusia – unknown
Ya sama kan ya sama skripsi? Lu juga harus menaklukan diri lu sendiri untuk menyelesaikan sang mahakarya sehingga pada akhirnya lu bisa mencapai tujuan lu, apapun tujuan itu.
Ada satu lagi, dari twitter nya Pak Anies Baswedan yang waktu itu gue save, masih tentang skripsi, berikut inilah tweets nya pemirsa:
“Menulis skripsi adalah menaklukan diri sendiri. Cara mengerjakan skripsi adalah potret diri penulisnya saat senyatanya kerja mandiri. Skripsi bukan sekadar soal riset; skripsi adalah simulasi cara berkarya/bekerja setelah lulus kuliah. Menunda2 pengerjaan skripsi adalah mengakumulasi rasa sesal. Akhirnya skripsi yg ditunda2 itu ttp hrs diselesaikan jg. Membaca referensi banyak2 buat skripsi itu baik tapi menuliskan hasil bacaan itu jauh lebih baik :) Makin lama jeda pengerjaan skripsi, makin sulit memulainya lg. Makin sulit memulai lg, makin lama selesainya. Skripsi yg membanggakan & menenangkan seumur hidup penulisnya adalah skripsi dibuat dng KEJUJURAN. Sibuk mengerjakan skripsi itu baik, tapi menyelesaikan skripsi itu jauh lebih baik :)”
Maaf kalo gue sok tau, cuma mau share aja :D dan gue nulis ini sejujurnya untuk memotivasi diri gue sendiri juga hahaha. Karena masih banyak banget penyakit malas yang bersarang di jiwa dan raga gue yang menghambat gue untuk menyegerakan bertindak untuk si darling tercinta yang bernama skripsi itu. Cemangat ah yuk! Ehehe.

0 comments:

@nunnurul. Powered by Blogger.